Hits

10 Fakta Gempa dan Tsunami yang Perlu Kamu Ketahui. Mitos atau Fakta?

Ternyata Ikan Lele bisa jadi penyebab gempa bumi. Yuk cek faktanya

Fakta Gempa dan Tsunami.- Seperti yang kita tahu bahwa akhir-akhir ini banyak terjadi gempa yang disusul tsunami. Seperti yang belum lama ini Tsunami yang terjadi  di Banten yang menyebabkan korban meninggal dunia termasuk beberapa artis anggota band Seventeen yang ikut menjadi korban. Sebetulnya kejadian alam ini telah lama terjadi sepanjang peradaban manusia. namun ada beberapa fakta gempa dan tsunami yang belum banyak diketahui orang. Yuk  Hits People kita cek apa saja itu.

Mulai diketahui pada tahun 1760

gempa tsunamizaman dahulu gempa selalu dikaitkan dengan peristiwa mistis. Wajarlah karena saat itu belum ada ilmu pengetahuan yang memadai untuk menjelaskan bagaimana dan penyebab terjadinya gempa bumi. Baru tahun 1760 seorang filsuf dan geologis asal Inggris menulis sebuah makalah dalam filosofical transaction of the royal Society 1760 berjudul “kecurigaan mengenai penyebab dan pengamatan terhadap fenomena gempa bumi”. Dalam makalah tersebut, Michelle menjelaskan bahwa gempa dan gelombang energi yang diakibatkannya disebabkan pergeseran batuan yang terletak jauh di bawah tanah.

Gempa bisa menggeser poros bumi

gempa mengeser poros bumiMenurut badan geologi Amerika Serikat, dalam setahun terjadi jutaan kali gempa di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut diantaranya ada yang bisa dirasakan dan berpotensi menyebabkan kerusakan. Namun ada juga yang tidak bisa dirasakan secara signifikan oleh kita. Karena frekuensi gempa itu bisa dibayangkan bagaimana pengaruh yang bisa dihasilkan dari jutaan kali gempa.

Loading...

Gaya Tarik matahari dan bulan merangsang getaran di bawah tanah di sepanjang sesar San Andreas California Amerika Serikat. Begitu juga fenomena supermoon diyakini bisa memicu gempa. Bahkan gempa raksasa di Chile 2010 lalu menyebabkan pergeseran sebuah kota hingga 3 meter. Hal ini terjadi karena pergeseran kerak bumi menggeser kota tersebut ke arah barat. Tak hanya itu, menurut badan antariksa Amerika atau NASA, gempa juga menggeser poros bumi dan memperpendek usia hari.

Gempa terbesar Chile 1960

 

gempa bumi di chile 1960Gempa terbesar yang pernah terjadi di Chile pada 22 Mei 1960. Kekuatannya hingga 9,5 skala Richter, lebih besar dari gempa yang memicu tsunami di pesisir Aceh dan Samudera Hindia pada 24 Desember 2004 lalu yang berkekuatan 9,1 skala Richter. Dalam kejadian tersebut, kehancuran terjadi dimana-mana terutama di Valdivia. Setengah bangunan disana hancur lebur. Setelahnya tsunami setinggi 25 meter menghantam wilayah pesisir.

Ribuan orang tewas, lebih dari 2 juta orang menjadi tunawisma, seluruh kota porak-poranda. Jumlah korban tewas mencapai 1655 orang. Gempa ini juga memicu gempa dan tsunami di tempat lain seperti ombak raksasa menghantam Hawaii 6000 mil dari Chile, yang merusak 600 rumah dan menewaskan 185 orang. Tsunami yang ditimbulkan  juga menghantam Jepang hingga menewaskan 138 orang lalu terus memantul ke arah Filipina menyebabkan 32 orang tewas serta kemudian ke arah pantai barat Amerika Serikat dan menciptakan kerusakan di California.

Ikan lele penyebab gempa

 

ikan lele penyebab gempaSaat gempa yg terjadi pada tahun 1854, penduduk Jepang dan Cina mempercayai bahwa gempa berkekuatan 8,4 Skala ritcher yang menewaskan 10.000 orang  tersebut disebabkan oleh seekor lele raksasa bernama Namazu. Dalam mitologi itu konon Namazu tinggal di perut bumi di bawah Jepang. Namazu sering bergerak-gerak liar sehingga goyangannya itu diyakini memicu goncangan yang hebat. Penduduk Jepang percaya bahwa dewa kashima adalah salah satunya yang bisa mengendalikan Namazu.

Alaska paling rawan

 

alaska paling rawan gempa bumiAlaska, Nagara bagian Amerika Serikat ini adalah wilayah yang paling rawan gempa bumi dan salah satu daerah yang paling aktif secara sismik di dunia. Wilayah ini mengalami gempa bumi berkekuatan 7,0 hampir setiap tahun dan gempa bumi berkekuatan 8,0 atau lebih besar sekitar sekali setiap 14 tahun. Setiap bulannya Alaska mengalami lebih dari 1000 gempa bumi dengan berbagai besaran. Ini karena Teluk Alaska berada di batas 2 lempeng tektonik besar di mana massa tanah berada di atas lempeng Amerika Utara, sementara  wilayah pesisir berada di atas lempeng Pasifik yang terus bergesekan sehingga menjadi gempa.

Meteor memicu tsunami

 

alaska paling rawan gempa bumiAda pendapat bahwa meteor yang jatuh ke laut akan menimbulkan tsunami. Namun  sebagian ahli justru berpendapat bahwa kemungkinan tersebut sangat kecil karena butuh ukuran yang cukup besar untuk bisa memicu tsunami. teorinya memang mengacu pada 65 juta tahun yang lalu saat tumbukan meteorit membentuk kawah memusnahkan dinosaurus dan menyebabkan tsunami hingga 3 km. untung saja ukuran meteorit prediksi tidak sebesar jutaan tahun lalu, sebagian besar meteoroid terbakar ketika mereka mencapai atmosfer bumi. dan bilapun ukurannya cukup besar Bila jatuh di tengah lautan, diyakini tidak akan memicu tsunami karena akan cukup lama sampai ke pesisir dan teredam di tengah perairan.

Tsunami terburuk dalam sejarah

 

tsunami acehTsunami paling besar tidak selalu menyebabkan kerusakan dan korban yang terbesar. Dengan mempertimbangkan 2 faktor tersebut maka tsunami yang melanda Aceh dan sekitarnya pada tahun 2004 lalu adalah tsunami terburuk. Tsunami ini dipicu oleh gempa berkekuatan 9,1 di lepas pantai Sumatera pada kedalaman 30 km. Ketinggian tsunami diperkirakan mencapai 50 meter dan menjangkau 5 Kilometer. pemerintah memperkirakan total kerusakan dan kerugian akibat bencana tsunami di Aceh dan Sumatera Utara diperkirakan mencapai 42,7 Triliun Rupiah. Jumlah ini mencapai 2,2% dari total produk domestik bruto Indonesia atau 97% APDB Aceh.

Setara ribuan  bom atom

 

tsunami aceh setara ribuan bom atomBadan geologi Amerika Serikat menyatakan bahwa tsunami di Samudra Hindia yang terjadi pada tahun 2004 lalu, setara dengan 23.000 bom atom Hiroshima. Sebagai perbandingan, bom yang  dijatuhkan ke Hiroshima Jepang itu seberat 5 ton dan ledakan yang dihasilkan setara dengan 15.000 ton TNT. Bom atom  itu menghancurkan kota hiroshima dan membunuh 80.000 orang seketika. Kalau bom atom Hiroshima saja seperti itu besarnya bagaimana dengan tsunami di Samudera Hindia. Gelombangnya menjangkau ke berapa negara seperti Indonesia, Malaysia, India, Maladewa, Sri Lanka, Thailand, Bangladesh, South Africa, Madagascar, Kenya ,Tanzania.

Pohon Anti Tsunami

 

kelapa pohon anti tsunamiPohon diyakini bisa menghalangi dan mengurangi dampak tsunami. Pohon kelapa, Mangrove dan Cemara Udang diyakini sebagai pohon-pohon anti tsunami. Pohon kelapa bahkan dinobatkan sebagai pohon paling kuat bertahan dari tsunami. Dari beberapa tsunami yang terjadi, hanya pohon kelapa yang berdiri tegar. Selain itu, mangrove yang ditanam di pantai terbukti bisa menghalau tsunami dan erosi air laut.

Terbukti Pada tsunami 2004 lalu di Thailand Selatan hampir tidak ada korban karena hampir seluruh pantainya terlindungi oleh hutan mangrove. Sementara pohon cemara udang memiliki akar yang kuat mampu menahan tiupan angin kencang, hempasan gelombang laut dan terpaan pasir. Selain itu hutan cemara udang juga tempat berkembangnya satwa yang peka tsunami, sehingga memberi isyarat kepada masyarakat kalau tsunami akan datang.

Mega tsunami

 

mega tsunamiDinamakan mega tsunami atau tsunami raksasa karena tingginya mencapai lebih dari 100 meter. Dalam Catatan sejarah, ada beberapa kali mega tsunami yang terjadi. Yaitu pada tahun 1792 di Jepang dengan ketinggian 100 meter, juga di letusan gunung Saint helens Amerika Serikat tahun 1980 yang menyebabkan tsunami setinggi 260 meter. Dan yang paling besar adalah tahun 1958 di Teluk lituya Alaska, dimana gempa 7,8 skala Richter memicu longsoran batuan sebesar 40 juta m3 ke teluk dan menimbulkan tsunami raksasa sekitar 520 meter.

 

Tags
Show More
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker