Unik

Antartika, Benua Yang Penuh Misteri

Beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu mengenai benua Antartika

Masih banyak yang belum kita ketahui tentang planet Bumi ini. Terutama tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau dan di mana iklimnya keras dan tidak menarik. Salah satunya  kutub selatan Antartika menjadi salah satu tempat paling misterius di Bumi, gurun yang dingin, terpencil dengan banyak rahasia yang belum terurai. Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai kutub es tersebut.

Hanya mendapatkan hujan atau salju sekali dalam 2 Juta tahun

antarika
gambar ilustrasi

Di Antartika, terdapat daerah yang luasnya sekitar 1% dari luas benua antartika (4.000 km) yang tidak tertutupi es.Daerah ini disebut sebagai lembah kering atau oasis Antartika. Daerah ini dianggap sebagai padang pasir paling keras di dunia dan Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan Australia bahwa daerah ini belum pernah turun hujan atau salju selama hampir 2 juta tahun.

Memiliki air terjun darah

blood fall
sumber (www.smithsonianmag.com)

Air terjun yang dimaksud bukan darah asli yang mengalir disana hanya sebutannya saja. Bermula 5 juta tahun yang lalu, ketika permukaan laut naik, Antartika  bagian Timur mengalami pasang hingga akhirnya danau yang berada disana bercampur dengan air asin dan terbentuklah danau air asin. Setelah jutaan tahun, gletser terbentuk di atas danau air asin tersebut menjadikan air danau tersebut lebih asin bahkan 3 kali lebih asin dari pada air laut sekarang.

Loading...

Memiliki tingkat keasinan yang tinggi menjadikan air danau tersebut memiliki titik beku yang rendah dan melepas suhu panas ketika membeku hingga air danau tersebut  dapat melelehkan es yang menutupinya dan membentuk sungai  yang mengalir. Air asin yang mengalir tersebut memilik kandungan zat besi yang berasal dari bebatuan dasar danau sehingga saat mengalir kepermukaan dan bersentuhan dengan udara air berokasidasi dan berubah jadi warna merah seperti darah.

Sumber air tawar di dunia

iceberg antartika70% total es yang berada di antartika merupakan air tawar dan Jika semua es Antartika meleleh, permukaan laut di dunia akan naik setinggi 200 kaki (61 meter).

Di Antartika tidak ada beruang kutub

Secara alami, beruang kutub yang masih hidup sampai sekarang berada di negara-negara yang berada di sikitar kutub utara seperti : Amerika Serikat (Alaska), Norwegia, Rusia, Kanada, dan Greenland. Berbeda dengan yang selama ini banyak di ketahui orang kalau beruang kutub tidak hidup di Antartika hanya di Kutub Utara, karena tidak mungkin mereka dapat mencapai kutub selatan. Beruang tidak dapat bertahan di cuaca tropis dalam melakukan perjalanan ke antartika.

Tidak ada Reptil Dan Ular

Dikarenakan iklim yang ekstrim sehingga ular dan reptil. tidak dapat bertahan di antartika. Namun, ada banyak jenis satwa liar lainnya, seperti ikan paus, anjing laut, penguin dan burung lainnya yang hidup disana. Selain itu tidak ada juga semut yang ditemukan di antartika.

Paling berangin di dunia

sumber (Christopher Michel)

Antartika adalah salah satu benua yang paling berangin di Bumi dan merupakan rumah bagi angin katabatic dan downslope yang tidak biasa. Angin kencang ini dipengaruhi oleh suhu dingin dan bentuk benua. Kecepatan angin tercatat tertinggi adalah 200 mil per jam (320 km / jam) pada tahun 1972.

Memiliki satu ATM

Pada tahun 1998, seorang Konglomerat perbankan Wells Fargo memasang ATM di McMurdo Station, pusat ilmu pengetahuan terbesar di benua itu. Meskipun berada dekat dengan wilayah Selandia Baru, tetapi ATM tersebut hanya mengeluarkan uang dollar saja.

3 Triliun ton es mencair hanya dalam waktu 25 tahun

Dalam 25 tahun terakhir Antartika telah kehilangan lebih dari 3 triliun ton es. Dimana, prosesnya lebih cepat secara drastis selama lima tahun terakhir. Hasil ini didapatkan dari hasil survei satelit dari tahun 1992 hingga 2017. Diungkapkan dari 84 peneliti internasional bahwa Antartika saat ini kehilangan es sekitar tiga kali lebih cepat daripada sebelum 2012. Dan Kini diperkirakan lebih dari 241 miliar ton es hilang setiap tahun.

 

Tags
Show More
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker