Unik

Fakta menarik tentang kotak hitam pesawat (Black Box)

5 Fakta Menarik tentang kotak hitam pesawat yang jarang diketahui banyak orang

Penemuan kotak hitam (black box) Pesawat Lion Air JT-610 yang mengalami kecelakaan pada Senin 29 Oktober 2018 kemarin membuka harapan untuk mengungkap titik terang penyebab kecelakaan pesawat yang membawa 189 penumpang tersebut. Pentingnya kotak hitam tersebut dikarenakan memuat data-data penerbangan pesawat mulai dari percakapan dalam pesawat sampai data kecepatan dan ketinggian pesawat tersimpan didalamnya. Selain dari pada itu, ada beberapa fakta lain yang perlu kamu ketahui tentang kotak hitam tersebut. Apa saja itu?? Yuk lanjut ke bawah..

Tidak Berbentuk Kotak dan Tidak Berwarna Hitam

Kotak Hitam Pesawat

Kotak hitam tidaklah hitam seperti yang kamu bayangkan. Alat tersebut dicat dengan warna orange seperti warna orange pembatas jalan. Alasannya agar lebih mudah ditemukan di hutan atau dalam air saat dicari.

Loading...

Untuk bentuknya, Kotak hitam sebenarnya berbentuk silinder yang dipasang pada dua potongan besar logam yang mirip bentuknya seperti kompresor udara. Istilah “kotak” sendiri mengacu pada recorder atau perekam yang terbuat dari pita logam. Namun untuk model yang barunya telah digantikan dengan SSD atau Solid State Drive. Sedangkan untuk beberapa model lama masih ada yang terbuat dari pita logam.

Ada 2 kotak hitam dalam setiap pesawat

Yang pertama, adalah Flight Data Recorder atau FDR. Berfungsi mencatat setidaknya 88 parameter yang diperlukan tentang penerbangan, termasuk kecepatan udara, ketinggian, posisi kemudi, posisi roda, tekanan udara, dan ponsel yang aktif  saat pesawat mulai lepas landas .

Kedua, adalah Cockpit Voice Recorder atau CVR. Alat ini yang mencatat semua percakapan yang terjadi pada kokpit atau kabin depan pesawat. Untuk versi magnetic-tape lama bisa menyimpan hingga 30 menit pembicaraan pada satu waktu. Sedangkan untuk perekam digital yang terbaru dapat merekam hingga dua jam. Setelah dua jam itu tercapai, CVR akan menimpa data yang lama.

Uji ketahanan sebelum digunakan pada pesawat

Sebelum kotak hitam dipasang di pesawat, alat tersebut diuji melalui beberapa serangkaian uji ketahanan seperti berikut ini:

  • Kotak hitam ditembakkan dari meriam udara dengan 3.400 kali gaya gravitasi dan mengenai sasaran aluminium. Itu setara dengan kekuatan pesawat jet besar yang yang menghantam bumi.
  • Selama lima menit, kotak hitam ditekan dengan tekanan 5.000psi (2267kg) dari 6 sisi yang berbeda untuk memastikannya dapat menahan dampak berkelanjutan.
  • Untuk uji ketahanan api, kotak tersebut ditempatkan di dalam bola api dengan suhu 1100 derajat celcius selama satu jam dan pada suhu 260 derajat celcius selama 10 jam.
  • kemudian, ditempatkan ke tangki air asin bertekanan yang menyimulasikan tekanan air pada 20.000 kaki di bawah permukaan selama 24 jam. Dalam keadaan yang sedikit kurang bertekanan, maka harus bertahan 30 hari sepenuhnya terendam di air asin.

Kotak Hitam terpasang di ekor pesawat

Pada awalnya Kotak Hitam disimpan di kokpit bersama dengan instrumen dan pilotnya. Namun setelah beberapa kecelakaan pesawat dimana rekaman hasil data penerbangan tidak dapat dipulihkan, akhirnya dipindahkan ke bagian belakang pesawat. Hal ini berdasarkan anggapan bahwa bagian belakang pesawat akan bergerak dengan kecepatan yang lebih lambat setelah mengalami benturan bagian depan.

Butuh waktu untuk menemukannya

Kotak hitam dilengkapi dengan suar atau sinyal pencari bawah air yang mulai memancarkan sinyal jika sensornya menyentuh air. Ini berarti bahwa kotak tersebut hanya dapat dideteksi jika pesawat berada di bawah air. Jika kecelakaan terjadi di darat, Tim pencari hanya melihat alat berwarna warna orange.

Ketika kotak hitam menyentuh air, alat tersebut bekerja hingga kedalaman lebih dari empat kilometer, dan dapat melakukan “ping” sekali per detik selama 30 hari sebelum daya baterainya habis.

Tags
Show More
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker