Hits

Karena Korupsi, 7 Negara Yang Dulunya Kaya Ini Jadi Jatuh Miskin

Semoga Indonesia bisa berkaca dari negara-negara ini agar tidak jatuh ke lubang yang sama

Pendapatan negara dan pendapatan per kapita merupakan salah satu tolak ukur penilaian perekonomian sebuah negara. Termasuk perbandingan antara jumlah hutang dan pendapatannya. Ada banyak negara yang dulunya  kaya dan makmur menjadi miskin. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. namum  faktor terbesar adalah korupsi dan perang. Berikut ini 7 negara yang dulunya kaya dan makmur sekarang menjadi miskin.

Afghanistan

Afghanistan, Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Afghanistan, Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Afghanistan adalah negara yang terletak di antara Asia Selatan dan Asia tengah. Negara ini mempunyai potensi emas dan tembaga yang besar di dunia. Diperkirakan negara ini mempunyai cadangan emas sebesar 22 miliar Ton dan cadangan tembaga sebesar 60 miliar ton .

Dengan kekayaan sebesar itu membuat para pejabat dan petinggi Afghanistan melakukan korupsi secara besar-besaran hingga menyebabkan kemiskinan kepada warganya. transparansi internasional bahkan memberinya posisi ke-8 sebagai negara terkorup di dunia. Akibatnya, Afghanistan kini menjadi negara miskin yang mempunyai pendapatan per kapita sebesar 649 dolar.

Loading...

Sudan Selatan

Sudan Selatan, Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Sudan Selatan, Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Negara yang berada di Afrika ini dulunya adalah negara kaya yang sekarang menjadi negara miskin yang dipenuhi dengan konflik setelah berpisah dari Sudan. Penyebab nya adalah perbedaan etnis dan konflik perang saudara yang terjadi setelah berpisah dari Sudan. Selain itu,dikutip dari merdeka.com penyebab lainnya adalah tindakan korupsi yang merajalela.

Sebuah penyelidikan mengungkapkan adanya 11.000 nama Polisi palsu yang masuk dalam daftar gaji. Sedangkan jumlah polisi nya adalah 16,000. Hingga kini pendapatan per kapita nya sekitar 500 dolar. Namun ironis nya anak dari panglima tentara Sudan Selatan ini mempunyai kehidupan yang glamor dan suka pamer kekayaan.

Liberia

Liberia, Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Liberia, Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Liberia adalah negara modern pertama di Afrika yang makmur sejak liberalisasi ekonomi tahun 1940-an. Sebelum tahun 1990, Liberia termasuk pengekspor karet dan biji besi yang besar di dunia. Hingga terjadinya perang saudara berturut-turut, menyebabkan infrastruktur Di Liberia hancur hingga dilanda kemiskinan. Hingga Saat ini Liberia sedang membenahi diri walaupun angka pengangguran di negara tersebut termasuk paling besar di dunia. dengan pendapatan per kapita sebesar 484 dolar.

Venezuela

Venezuela, Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Venezuela, Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Terkenal sebagai negara sosialis, Venezuela mempunyai hutang yang sangat banyak. Bahkan pendapatan negara ini tidak cukup untuk menutupi setengah dari hutang nya. Padahal dulu negara ini termasuk negara yang kaya. Cadangan minyaknya termasuk yang terbesar di dunia. Dalam bidang perkebunan juga tidak bisa dipungkiri. Namun semuanya berbalik ketika harga minyak dunia melambung dan terjadi inflasi lebih dari 100%. Inflasi ini termasuk yang tertinggi dalam sejarah perekonomian. Karena mengalami krisis, negara yang berada di Amerika Selatan ini bahkan menerapkan pemadaman listrik bergilir.

Somalia

Somalia, Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Somalia, Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Negara ini adalah sebuah negara yang dulunya termasuk negara kaya. Sumber pendapatan utamanya datang dari komoditi ternak hidup. Bahkan dulu menjadi pusat perdagangan yang penting. Namun saat ini Somalia menjadi negara paling miskin di dunia dengan pendapatan per kapita hanya 400 dolar. Hal ini disebabkan oleh kekacauan politik yang membuat banyak praktek korupsi di negara ini. Somalia bahkan dijuluki sebagai negara terkorup di dunia.

Nauru

Nauru , Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Nauru , Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Negara yang berdekatan dengan Australia ini dulunya adalah negara kaya dan makmur. Dikutip dari news.com, Nauru menjadi negara yang pendapatan per kapita nya sangat tinggi di dunia. Hal ini terjadi sejak tahun 1960-an ketika ditemukan fosfat atau pupuk dari kotoran yang berumur ribuan tahun. Penemuan fosfat ini membuat perusahaan tambang asing mulai mengeksplorasi negara yang hanya seluas 21 kilometer ini.

Tak hanya perusahaan asing, warga setempat kemudian beramai-ramai mengeksploitasi daerahnya sendiri. Karena tergiur dengan kekayaan, hampir seluruh warganya berfoya-foya. Bahkan uang Dolar pernah dijadikan tisu toilet. Karena Eksplorasi dan eksploitasi yang berlebihan, Negara ini pun berubah menjadi wilayah yang tak layak huni dan miskin. Saat ini nauro bergantung hutang pada Australia yang kini sudah mencapai 325 miliar rupiah.

Republik demokratik Kongo

Kongo , Negara Kaya yang Jatuh Miskin
Kongo, Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Negara yang berbahasa resmi Prancis ini termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Bahkan beberapa wilayahnya memiliki sumber emas yang besar. Kongo dulunya menjadi negara terkaya ke-15 di dunia. Namun Karena perang yang berkelanjutan, menyebabkan negara ini menjadi negara yang miskin. Emasnya ditambang untuk kepentingan perang. Ketidakstabilan politik dalam negara tersebut juga menjadi salah satu penyebab kemiskinan di Kongo. pendapatan per kapita penduduknya saat ini sebesar 800 dolar.

Semoga saja Indonesia bisa berkaca dari negara-negara tersebut agar tidak menjadi salah satunya.

Tags
Show More
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker