Hits

Kontroversi Iklan Shopee Blackpink, Inilah 7 Fakta Petisi Maimon Herawati yang Diributkan Netizen

Netizen ribut-ribut masalah petisi Iklan Shopee Blackpink, inilah beberapa fakta tentang kontroversi iklan shopee tersebut

Beberapa minggu lalu kabar tentang petisi pemberhentian iklan Shopee yang dibintangi oleh girl band asal Korea Black Pink sedang ramai-ramainya antri dalam daftar mesin pencarian Google. Dikabarkan pemberitaan ini berawal dari seseorang yang melayangkan petisi untuk pemberhentian penayangan iklan tersebut di stasiun televisi. Demi menjawab rasa penasaran warganet berikut ini beberapa fakta tentang kontroversi iklan shopee.

100.000 tanda tangan dalam 4 hari

 

petisi maimonSejak kemunculan petisi yang dapat diakses melalui change.org, pro dan kontra penyiaran iklan shopee pun heboh dalam pemberitaan. Alasannya cukup klasik, yaitu penampilan dari iklan tersebut dinilai menampilkan para member blackpink yang berpakaian terbuka.

Loading...

Katanya yang demikian tersebut tidak sesuai dengan norma masyarakat indonesia dan sejak di terbitkan dalam situs change.org 7 Desember 2018. Petisi tersebut tangani oleh 100.000 orang dalam rentan Waktu 4 hari. Singkatnya selain melayangkan pengajuan pemberhentian penayangan, pihak yang menolak iklan juga ikut menghimbau agar orang tua di Indonesia memberikan tekanan pada KPI melalui lembar pengaduan demi masa depan generasi selanjutnya.

Tanggapan KPI

 

KPISetelah heboh penandatanganan petisi oleh sejumlah pihak yang menolak iklan Shopee. Tentu yang dinantikan dari itu semua adalah tanggapan dari KPI selaku pihak yang menerima pengajuan tersebut. Pasca pengajuan petisi pada 7 Desember, 4 hari berselang KPI akhirnya mengeluarkan putusannya.

Putusan yang dimaksud adalah dimintanya beberapa stasiun televisi yang menampilkan iklan shopee Blackpink untuk berhenti melakukan penayangan. KPI beranggapan bahwa iklan tersebut berpotensi melanggar pasal 9 ayat 1 SPS KPI tahun 2012. Hal ini terkait dengan kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman halayak yang terkait budaya.

11 stasiun televisi mendapat peringatan

 

stasiun tvTerkait putusan Komisi Penyiaran Indonesia untuk memberhentikan iklan Shopee Blackpink, Tentu shopee bukan satu-satunya yang menerima dampaknya. Bisa dipastikan bahwa beberapa stasiun televisi secara otomatis mendapatkan teguran sebagaimana biasanya.

Oleh pihak KPI peringatan keras yang dimaksud dilayangkan kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan shopee. Diantaranya Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, Global TV, Net dan SCTV. Tentu saja peringatan ini bukan lagi isapan jempol belaka, pasalnya surat peringatan tanggal 11 Desember 2018 tersebut telah mendapatkan tanda tangan dari Ketua KPI pusat.

Tanggapan pihak Shopee

 

ShopeePetisi telah dilayangkan, KPI bertindak, serta kontroversi iklan shopee ini terus saja timbul tidak pernah tenggelam. Sebagaimana dilansir dari laman kpi.go.id, siaran iklan dan program acara tersebut dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam P3SPS KPI tahun 2012.

Dilain kesempatan pihak Shopee memberi tanggapan resmi pada halaman yang dibuat maimon Herawati. Disebutkan bahwa pihaknya telah mendapat izin dari lembaga sensor film Indonesia untuk menayangkan iklan dan mengikuti setiap regulasi yang ada. Pihak shopee pun mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai Teguran KPI yang dilayangkan.

Petisi Tandingan

 

petisi tandinganJika ditelusuri kembali, bisa dilihat akar dari permasalahan kontroversi iklan shopee adalah kehadiran member Blackpink yang dinilai berpakaian terbuka sehingga dianggap tidak pantas ditayangkan. Jadi bukan hanya pihak shopee yang dirugikan. Bisa dipastikan para fans girl band asal Korea tersebut terutama Blink Indonesia akan ikut terusik pula. Langkah dari para fans ini adalah dengan menghadirkan petisi tandingan yang berjudul “Bantu Maimon Herawati Jadi Anggota Blackpink”.

Jadi trending YouTube

 

trending youtubeMunculnya fenomena pro kontra tidak pernah terlepas dari perbedaan sudut pandang yang lahir karena suatu hal. Yap, kurang lebih demikianlah yang terjadi pada kejadian pelaporan serta pengajuan petisi. Melalui sebuah kesempatan, hardly Stefano selaku komisiner dan koordinator bidang isi siaran KPI pusat menyatakan, agar dalam membuat iklan dan melakukan promosi pihak produsen untuk senantiasa memperhatikan brand safety demi mencegah timbulnya persepsi negatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Dan yang tidak kalah spektakuler adalah berkat kontroversi iklan shopee tersebut, iklan shopee jadi trending di YouTube.

Maimon Herawati Di Bully

 

Black-Pink-MaimonMungkin maimon Herawati tidak pernah menyangka bahwa petisi yang diajukannya akan berubah bully dari blink Indonesia. Setelah petisi pemberhentian penayangan diajukan, petisi tandinganpun bermunculan berbagai versi. Versi pertama adalah “menolak pemboikotan iklan shopee blackpink” yang ramai dibicarakan. Sementara dalam versi yang lain muncul petisi yang berjudul “usir maimon Herawati dari Indonesia”.

Tidak hanya itu, maimon Herawati juga mengaku telah menerima sejumlah teror dan pembullyan usai membuat petisi yang melibatkan pihak shopee dan juga Blackpink. Melalui wawancara dengan pihak tirto.id, ia mengaku bahwa akun Facebooknya terkena suspend serta akun Instagramnya hilang dan akun atas namanya disalahgunakan. Selain itu, teror dan Meme tentang dirinya pun telah beredar di dunia maya.

Tags
Show More
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker